Rabu, 13 April 2022

PENGANTAR UMUM PERPUSTAKAAN

 

PENGANTAR UMUM PERPUSTAKAAN

 

MAKALAH

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah

Perpustakaan Sekolah


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan dan tercurahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehinga penulis mampu untuk menyelesaikan makalah ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Perpustakaan Sekolah dengan judul “Pengantar Umum Perpustakaan”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, agar nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik. Dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini, khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah Kajian Ilmu-Ilmu Sosial kami yaitu Ibu Dosen yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.

Demikian makalah ini kami buat, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

Blitar, 6 September 2021

 

                                                                                                                                           Penulis


 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.. ii

DAFTAR ISI. iii

BAB I. 1

PENDAHULUAN.. 1

A.   Latar Belakang. 1

B.    Rumusan Masalah. 2

C.    Tujuan. 2

BAB II. 3

PEMBAHASAN.. 3

A.   Pengertian Perpustakaan. 3

B.    Fungsi Perpustakaan. 4

C.    Manfaat Perpustakaan Secara Umum.. 5

D.   Macam-Macam Perpustakaan. 5

BAB III. 8

PENUTUP. 8

A.   Kesimpulan. 8

B.    Saran. 8

DAFTAR RUJUKAN.. 9

 


 


BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Di dalam perubahan zaman atau yang sering dikenal dengan globalisasi, merupakan suatu hal yang tidak dapat terelakkan dan dihindari. Siap ataupun tidak, setiap manusia dan suatu lembaga harus dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada dan berani melakukan perubahan. Salah satu dampak yang dihasilkan dari globalisasi adalah perpustakaan. Pada era sekarang ini berbagai hal sudah mengalami keterbukaan, sebab pada saat ini perkembangan informasi sangat cepat, terutama dapat dirasakan di negara-negara maju. Mereka dengan mudah mengeksploitasi, menggandakan dan menyebarluaskan informasi ke seluruh dunia, termasuk negara-negara berkembang. Siapa yang menguasai informasi, dialah yang lebih maju. Sebaliknya siapa yang ketinggalan informasi, maka akan ketinggalan kemajuan dan pada gilirannya akan tersisihkan. Bagi perpustakaan, kemunculan teknologi informasi dan komunikasi di satu sisi menimbulkan kekhawatiran yang dalam bagi eksistensi perpustakaan. Masalahnya, masyarakat menjadi lebih mudah mendapat informasi tanpa perlu pergi ke perpustakaan karena semuanya bisa diakses dari depan komputer di rumah mereka masing-masing. 

Berkat kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, setiap orang dapat mengetahui, mengikuti, dan menyaksikan berbagai peristiwa yang berlangsung di belahan dunia yang lain, dengan jelas dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan. Melalui sarana berupa teknologi tersebut orang dapat menembus batas negara dan waktu tanpa banyak menemui hambatan. Kondisi perpustakaan pun menjadi lebih sepi karena orang akan lebih malas ke perpustakaan.

Masyarakat kurang mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari  kunjungan  ke perpustakaan. Berkat dukungan yang diberikan oleh pemerintah yaitu dengan mendirikan perpustakaan-perpustakaan sampai ke pelosok  pedesaan, perpustakaan kini  lebih dikenal  oleh masyarakat,.  Hal ini juga tidak terlepas dari usaha pihak perpustakaan dengan berbagai  cara  untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan manfaat dari keberadaan suatu perpustakaan. Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang mengumpulkan berbagai karya tulis baik yang tercetak maupun yang terekam yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun sebagai tempat pembalajaran seumur hidup. Perpustakaan juga sekaligus merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya bangsa. Fungsi utama perpustakaan adalah sebagai sumber ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya.

Sebagai calon pendidik, ada baiknya kita lebih mengenal apa perpustakaan itu, bagaimana sebenarnya perpustakaan sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan masyarakat, untuk itu melalui makalah ini, penulis akan menuliskan informasi yang berkaitan dengan perpustakaan, di antaranya pengertian perpustakaan, fungsi perpustakaan, manfaat perpustakaan secara umum dan macam-macam dari perpustakaan.

B.       Rumusan Masalah

  1. 1.   Apa yang dimaksud dari perpustakaan?
  2. 2.    Apa fungsi dari perpustakaan?
  3. 3.    Apa manfaat perpustakaan secara umum?
  4. 4.    Apa macam-macam dari perpustakaan?

C.      Tujuan

1.    Mengetahui maksud dari perpustakaan

2.    Mengetahui fungsi dari perpustakaan

3.    Mengetahui manfaat perpustakaan secara umum

4.    Mengetahui macam-macam dari perpustakaan



BAB II

PEMBAHASAN

A.      Pengertian Perpustakaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang berarti pustaka atau buku. “Perpustakaan” artinya kumpulan buku (bacaan dsb). IFLA (International of Library Associationsand Institutions) menyatakan bahwa perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai. Sutarno, (2006: 11) dalam (S. Anur, 2017) menjelaskan perpustakaan berasal dari kata “pustaka”, yang berarti buku. Setelah mendapat awalan “per” dan akhiran “an” menjadi “perpustakaan”, yang berarti kitab, kitab perimbon, atau kumpulan buku-buku, yang kemudian disebut koleksi bahan pustaka

Sutarno (2003) menyebutkan perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca. Sedangkan menurut C. Larasati Milburga, dkk. (1991) perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, disebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan merupakan suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan merupakan buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. (Bafadal, 2014).

Beradasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa perpustakaan merupakan kumpulan buku yang diatur secara sistematis. Oleh sebab itu, mengatur buku-buku dengan baik dan sistematis merupakan hal paling dasar dalam penataan ruang utama perpustakaan.

B.       Fungsi Perpustakaan

Menurut Sulistyo, (2003) fungsi perpustakaan bagi masyarakat ada lima yaitu:

1.    Sebagai Sarana Simpan Karya Manusia

Perpustakaan berfungsi sebagai tempat menyimpan karya manusia, khususnya karya cetak seperti buku, majalah, dan sejenisnya serta karya rekaman seperti kaset, piringan hitam, dan sejenisnya. Perpustakaan berfungsi sebagai “arsip umum” bagi produk masyarakat berupa buku dalam arti luas. Dalam kaitannya dengan fungsi simpan, perpustakaan bertugas menyimpan khazanah budaya hasil masyarakat. Salah satu jenis perpustakaan yang benar-benar berfungsi sebagai sarana simpan ialah perpustakaan nasional. Dimana pun tempatnya, perpustakaan nasional sebuah negara selalu bertugas menyimpan semua buku yang diterbitkan di negara  yang bersangkutan.

2.    Fungsi Informasi

Bagi anggota masyarakat yang memerlukan informasi dapat memintanya ataupun menanyakannya ke perpustakaan. Informasi yang diminta dapat berupa informasi mengenai tugas sehari-hari, pelajaran maupun informasi lainnya. Dengan koleksi yang tersedia, perpustakaan harus berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan ke perpustakaan. Bila tidak terjawab, dapat minta bantuan ke perpustakaan lain yang dianggap mampu menjawab pertanyaan tersebut karena pada hakekatnya semua perpustakaan melaksanakan fungsi informasi.

3.    Fungsi Rekreasi

Masyarakat dapat menikmati rekreasi kultural dengan cara membaca dan bacaan ini disediakan oleh perpustakaan. Fungsi rekreasi ini tampak nyata pada perpustakaan umum. Umum artinya setiap orang tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, dan warna kulit.

 

4.    Fungsi Pendidikan

Perpustakaan merupakan sarana pendidikan non formal dan informal, artinya perpustakaan merupakan tempat belajar di luar bangku sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Dalam hal ini yang berkaitan dengan pendidikan nonformal ialah perpustakaan umum, sedangkan yang berkaitan dengan pendidikan informal ialah perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi. Bagi mereka yang sudah meninggalkan bangku sekolah maupun putus sekolah maka perpustakaan merupakan tempat belajar yang praktis, berkesinambungan, serta murah.

5.    Fungsi Kultural

Perpustakaan merupakan tempat untuk mendidik serta mengembangkan apresiasi budaya masyarakat. Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya. Secara umum peran – peran yang dapat dilakukan adalah :

a.    Menjadi media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan.

b.    Menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca serta pembangkit kesadaran pentingnya belajar sepanjang hayat.

c.    Mengembangkan komunikasi antara pemakai dan atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan maupun komunikasi ilmiah lainnya.

d.   Motivator, mediator dan fasilitator bagi pemakai dalam usaha mencari, memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman.

e.    Berperan sebagai agen perubah, pembangunan dan kebudayaan manusia.

C.      Manfaat Perpustakaan Secara Umum

Secara umum perpustakaan memberikan manfaat berupa penyedian informasi dan pengetahuan yang beragam bagi masyarakat. Perpustakaan juga menyediakan buku secara gratis untuk dibaca dan dipinjam oleh masyarakat. Perpustakaan juga menyediakan berbagai jenis buku dari berbagai bidang ilmu. Selain itu, perpustakaan juga bermanfaat untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap membaca sehingga memperkaya pengetahuan.

Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dari berbagai umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka :

1.    Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan

2.    Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik

3.    Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik

4.    Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia

5.    Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya;

6.    Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa.

D.   Macam-Macam Perpustakaan

Munculnya berbagai macam perpustakaan diakibatkan dari banyaknya faktor, salah satunya berkaitan dengan tujuan dan visi misi yang melandasi dibentuknya perpustakaan tersebut. Rahayuningsih (2007:3) menyebutkan beberapa macam perpustakaan yang muncul akibat dari faktor-faktor tersebut di antaranya sebagai berikut:

1.    Perpustakaan Nasional

Menurut Keputusan RI Nomor 11 Tahun 1989 didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bertujuan untuk melestarikan bahan pustaka sebagai salah satu hasil budaya bangsa dan menjadi sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

2.    Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bersifat terbuka untuk umum yang didirikan untuk melayani semua anggota masyarakat yang memerlukan jasa informasi dan perpustakaan. Pentingnya peran perpustakaan umum ini dipertegas dengan dikeluarkannya Manifesto Perpustakaan Umum oleh UNESCO pada tahun 1972.

3.    Perpustakaan Khusus

Perpustakan khusus merupakan perpustakaan yang secara khusus mengambil peran khusus dalam menyediakan sumber informasi dalam subjek bidang tertentu saja, seperti bidang hukum, bidang musik, bidang agama, dan sebagainya

4.    Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan ini didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah dengan cara menyediakan koleksi pustaka untuk digunakan oleh para siswa, guru, dan karyawan dari suatu sekolah tertentu.

5.    Perpustkaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan perguruan tinggi didirikan dalam rangka melayani para mahasiswa, dosen, dan karyawan suatu perguruan tinggi dengan tujuan untuk menunjang pencapaian tujuan perguruan tinggi yang  dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

6.    Perpustakaan Kelembagaan

Perpustakaan ini dikelola oleh lembaga-lembaga atau organisasi tertentu berfungsi untuk memenuhi kebutuhan lembaga, seperti perpustakaan masjid, perpustakaan gereja, perpustakaan bank, dan sebagainya

7.    Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan ini dalam pengelolaan bahan pustakanya tidak terikat pada suatu sistem yang baku, karena dimiliki dan dikelola sesuai dengan minat, latar belakang, dan hobi oleh perorangan atau keluarga pemiliknya


BAB III

PENUTUP

A.      Kesimpulan

Perpustakaan merupakan kumpulan buku yang diatur secara sistematis. Fungsi dari perpustakaan bagi masyarakat di antranya: (1) Sebagai Sarana Simpan Karya Manusia; (2) Fungsi Informasi; (3) Fungsi Rekreasi; (4) Fungsi Pendidikan; (5) Fungsi Kultural. Secara umum perpustakaan memberikan manfaat berupa penyedian informasi dan pengetahuan yang beragam bagi masyarakat. Perpustakaan terdapat berbagai macam, dianatarnya yaitu: (1) Perpustakaan Nasional; (2) Perpustakaan Umum; (3) Perpustakaan Khusus; (4) Perpustakaan Sekolah; (5) Perpustakaan Perguruan Tinggi; (6) Perpustakaan Kelembagaan serta (7) Perpustakaan Pribadi

B.       Saran

Perpustakaan adalah komponen yang penting dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Perpustakaan adalah bagian dari masyarakat yang dapat memberikan pengetahauan dan informasi. Maka ada baiknya jika perpustakaan dikembangkan mengikuti perkembangan zaman dari segi struktur bagunan, sistem, sumber daya manusia dan tekhnologi di perpustakaan tersebut. Pemerintah sebagai peranan penting dalam pembangunan harus melakukan evaluasi untuk kesekian kalinya guna untuk dapat mengikuti dan berusaha mengimbangi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi agar pemanfaat perpustakaan lebih menarik dan mudah dimanfaatkan masyarakat dari berbagai kalangan.


 

DAFTAR RUJUKAN

Anur, S. (2017). Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar. [Online]  (http://eprints.uad.ac.id). Diakses pada 5 September 2021

Bafadal, Ibrahim. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Basuki, Sulistyo. (2003).  Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

C. Larasati Milburga. (1991). Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius. p.17

F. Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

IFLA. (2021). International of Library Associationsand Institutions (IFLA). [Online] (https://www.ifla.org/) Diakses pada 5 September 2021

KBBI, (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. (https://kbbi.web.id/pusat). Diakses pada 5 September 2021

Sutarno N.S. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. p.7

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar