Minggu, 01 Agustus 2021

CONTOH RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) YANG BAIK DAN BENAR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                : SD/MI

Kelas/Semester                      : III/1 (Satu)

Tema 2                                   : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 3                              : Menyayangi Tumbuhan

Muatan Terpadu                   : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn,

Pembelajaran                        : 5

Alokasi Waktu                       : 5 x 35 menit

 

A.    KOMPETENSI INTI

1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

     Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator

3.5  Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan

3.5.1        Membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk wawancara dengan tukang kebun sekolah

4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

4.5.1        Melaporkan hasil wawancara dengan penjual tanaman mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan lafal dan intonasi

        PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3  Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

3.3.1        Mengelompokkan daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

4.3  Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

4.3.1        Menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

   

Matematika

                    Kompetensi Dasar

Indikator

3.2  Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti , ,dan ,) yang disajikan pada garis bilangan

3.2.1        Menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan

4.2  Menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti , ,dan ,) yang disajikan pada garis bilangan

4.2.1        Menyelesaikan soal cerita penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.         Setelah berdiskusi, siswa dapat membuat pertanyaan untuk wawancara berkaitan cara-cara perawatan tumbuhan dengan tepat

2.         Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat melaporkan hasil wawancara berkaitan cara-cara perawatan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

3.         Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat mengelompokkan daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

4.         Dengan mengingat kembali peristiwa yang telah dialami, siswa dapat menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

5.         Dengan melihat kembali materi yang telah dipelajari (review), siswa dapat menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat.

6.         Dengan melihat kembali materi yang telah dipelajari (review), siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1.         Membuat pertanyaan untuk wawancara

2.         Daftar tugas anggota keluarga sesuai perannya

3.         Bilangan cacah pada garis bilangan

E.     METODE PEMBELAJARAN

1.         Model                   : Contextual Teaching Learning (CTL)

2.         Metode                 : Discovery Learning

3.         Strategi                 : Cooperative Learning

4.         Pendekatan          : Scientific Learning

F.     MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.         Media :

a.     Gambar tukang kebun sekolah

b.    Tabel dan kumpulan gambar tugas di rumah berdasarkan peran

c.     Ranting dan daun pohon

2.         Sumber Pembelajaran :

a.    Lingkungan Sekitar

b.    Buku pegangan siswa.

c.    Buku Siswa Interaktif Tematik Terpadu Kelas III Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, PT Rumah Juara Indonesia.

 

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1.

Pendahuluan

1.      Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa dan menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasioal.

3.      Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan materi yang sebelumnya telah dipelajari kepada pesesrta didik

20 Menit

2.

Kegiatan Inti

1.      Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 anak.

2.      Siswa bersama kelompoknya mengamati gambar tukang kebun sekolah

3.      Siswa melihat berbagai kata kunci yang telah disediakan dan mulai membuat daftar pertanyaan wawancara berdasarkan kata kunci.

4.      Siswa melakukan wawancara kepada salah satu tukang kebun di sekolah dengan didampingi guru

5.      Salah satu siswa menyampaikan hasil wawancara di depan kelas

6.      Merawat tanaman dapat dilakukan di rumah sebagai salah satu pelaksanaan tugas sebagai anak. Siswa diajak memperhatikan daftar tugas di rumah sesuai perannya.

7.      Siswa bersama kelompoknya kembali berdiskusi dan mengamati kumpulan gambar berkaitan tugas di rumah sesuai perannya.

8.      Siswa mengelompokkan gambar tugas di rumah ke dalam tabel yang telah disediakan.

9.      Siswa menuliskan pengalaman yang pernah dilakukan berkaitan menjalankan tugas sesuai perannya di rumah, dan salah satu siswa menceritakan pengalaman tersebut di depan kelas

10.  Salah satu tugas anak di rumah adalah belajar, siswa membuka kembali materi tentang penjumlahan menggunakan garis bilangan.

11.  Siswa menyelesaikan soal cerita dengan media daun dan ranting pohon yang telah disediakan

12.  Siswa diminta mengerjakan soal dengan menggunakan garis bilangan.

140 menit

3.

Penutup

1.      Kesimpulan

2.      Evaluasi : Siswa mengerjakan soal evaluasi

3.      Umpan Balik : Guru tanya jawab dengan siswa berkaitan materi yang telah dipelajari

4.      Refleksi Diri

5.      Evaluasi pembelajaran selanjutnya

15 menit

 

H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.                  Teknik Penilaian

a.       Sikap            : Observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung

b.      Pengatahuan :

Jenis             : Tes

Bentuk         : Pilihan Ganda dan Isian

Alat              : Soal, Kunci Jawaban, dan Penskoran (Terlampir)

c.       Keterampilan : Unjuk Kerja

2.                  Rubrik dan Instrumen Penilaian terlampir

3.                  Lampiran

a.       Rangkuman Materi

b.      Media Pembelajaran

c.       Lembar Kegiatan Peserta Didik

d.      Instrumen Penilaian  

e.       Rubrik Nilai

f.       Evaluasi Pembelajaran

g.      Remedi dan Pengayaan

Blitar, 7 Desember 2020

Dosen Pembimbing                                                             Mahasiswa

 

 

         __________________                                                         ________________

      NIP.                                              NIM. 

 


 

LAMPIRAN 1

Rangkuman Materi

1.      Membuat Daftar Pertanyaan untuk Wawancara

Sebelum kita merawat tanaman, sebaiknya kita mencari informasi terlebih dahulu tentang perawatan tanaman tersebut. Pencarian infromasi tersebut dapat dilakukan dengan melakukan wawancara kepada orang yang ahli dalam hal tersebut, misalnya penjual tanaman, maupun tukang kebun. Sebelum melakukan wawancara kita harus membuat daftar pertanyaan (draft pertanyaan) terlebih dahulu agar wawancara menjadi lebih mudah dan berjalan dengan lancar. Membuat daftar pertanyaan dapat dilakukan dengan menggunakan pedoman kata tanya 5W 1H (Who, What, Where, When, Why, dan How) atau kata tanya siapa, apa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana. Perhatikan contoh berikut:

Source: Buku Interaktif Rumah Juara

2.      Tugas di Rumah Berdasarkan Peran Anggota Keluarga

Merawat tanaman adalah salah satu tugas anak di rumah. Ada berbagai tugas yang harus dilakukan di rumah. Tugas terssebut biasanya sesuai dengan peran anggota keluarga. Tugas setiap anggota keluarga dapat serupa satu sama lain. Ayah dapat melakukan tugas ibu atau sebaliknya. Perhatikan tabel tugas di rumah berikut ini :

Source: Buku Interaktif Rumah Juara


3.      Bilangan Cacah pada Garis Bilangan

Garis bilangan adalah garis yang berisi urutan bilangan. Letak bilangan pada garsi bilangan ditunjukkan dengan titik. Setiap titik pada garis bilangan memiliki jarak yang sama. Semakin kea rah kanan, nilai bilangan akan semakin besar. Semakin ke arah kiri, nilai bilangan akan semakin kecil. Pada garis bilangan, terdapat tanda panah ke kanan dan ke kiri. Artinya, banyak bilangan pada garis bilangan dapat ditambah sampai tak terhingga. Mari kita perhatikan bentuk garis bilangan dan contoh-contohnya.

Source: Buku Interaktif Rumah Juara

Contoh penyelesaian soal cerita dengan bantuan garis bilangan:

Source: Buku Interaktif Rumah Juara


LAMPIRAN 2

Media Pembelajaran

1.      Gambar Tukang Kebun Sekolah

2.      Tabel Tugas di Rumah sesuai Perannya

Tugas di Rumah Sesuai Perannya

AYAH

IBU

ANAK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Kumpulan Gambar Tugas di Rumah


4.      Daun dan ranting pohon

 



  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar